Rabu, 29 Jan 2020, 10:23:48 WIB, 135 View Administrator, Kategori : Pariwisata

(KIM Asabri) Rabu (29/1/2019) Kelurahan Karangtengah yang masuk wilayah Kecamatan Sananwetan merupakan salah satu wilayah Kota Blitar yang memiliki potensi sumber air yang sampai saat ini belum optimal dari pengelolaan dan pemanfaatannya, dengan adanya Program Masyarakat Berdaya Menuju Kota Pariwisata (Maya Juwita) mulai tahun 2019 potensi sumber mata air tersebut sudah mulai di revitalisasi.

Sumber Daya Alam yang sangat mendukung dengan lingkungan yang asri dan air yang melimpah dari tiga sumber mata air (Sumber Mata Air Temon, Sumber Mata Air Kenongo dan Sumber Mata Air Mbah Bawuk), air yang melimpah selama ini masih dimanfaatkan untuk pengairan persawahan warga. "Sendang Mbah Bakan difungsikan sebagai embung yang menampung air dari sumber temon dan sumber kenongo, termasuk long storage aliran yang menuju kepersawahan warga. Menurut perencanaan, juga terdapat ruang terbuka hijau, pujasera, workshop portable dan gazebo. Selain bisa digunakan warga berwisata keluarga, " tutur Tjujuk Sarbuono Lurah Karangtengah.

Heru Eko Pramono, S.STP Camat Sananwetan saat ditemui KIM Asabri diruang kerjanya "menyampaikan bahwa sesuai dengan Prioritas Pembangunan di Tahun 2020 Kecamatan Sananwetan adalah peningkatan pemberdayaan masyarakat dan perwujudan Maya Juwita, tentu proses revitalisasi Sendang Mbah Bawuk diharapkan dapat berlanjut, dimana tahun ini telah terselesaikan Pembangunan Gapura Pintu Masuk dan Area Parkir, dan untuk tahun 2020 melanjutkan pembangunannya sehingga Sendang Mbah Bawuk benar - benar dapat dimanfaatkan secara optimal, tidak hanya berfungsi sebagai irigasi, akan tetapi juga untuk pelestarian alam dan tujuan wisata, karena di Kecamatan Sananwetan telah ada beberapa tujuan wisata yang terus dibenahi dan disiapkan sebagai penopang destinasi wisata utama Makam Bung Karno yang berlokasi di Kelurahan Bendogerit Kecamatan Sananwetan Kota Blitar".

Sumber Foto : Pujiasih





Tuliskan Komentar