Jumat, 01 Mar 2019, 10:05:54 WIB, 126 View Administrator, Kategori : Info Daerah

(KIM Asabri) Jum' at (01/03/2019) Masyarakat Berdaya Menuju Kota Pariwisata (Maya Juwita) adalah salah satu program Inovasi Unggulan Pemerintah Kota Blitar yang telah dijabarkan dalam Perencanaan Pembangunan Daerah (PPD) Kota Blitar Tahun 2019. PPD Kota Blitar Tahun 2019 telah dipresentasikan di BAPPEDA Propinsi Jawa Timur pada hari Kamis, 28/2/2019 oleh Rudi Widjanarko Sekretaris Daerah Kota Blitar didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar, Kepala Bappeda Kota Blitar, Kabid Anggaran BPKAD Kota Blitar dan Team Bappeda Kota Blitar.

Inovasi unggulan daerah Kota Blitar tentunya diselaraskan dengan kenyataan bahwa Kota Blitar perlu peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat yang akan ditopang dari pariwisata daerah, sementara Provinsi Jawa Timur memprioritaskan akselerasi kepariwisataan dalam program Pembangunannya dan secara nasional memprioritaskan peningkatan nilai tambah ekonomi. Sehingga tidak berlebihan saat Inovasi Daerah dengan Maya Juwita menjadi inovasi daerah unggulan Pemerintah Kota Blitar.

Dengan arahan kebijakan pembangunan yang demikian tentu diperlukan sinergi yang baik antar Organisasi Perangjat Daerah sesuai dengan bidang tanggungjawabnya, dan yang terpenting lagi bagaimana masyarakat Kota Blitar mampu berdaya dan berswadaya untuk menggali potensi yang ada di lingkungan sekitarnya untuk kemudian di usulkan dalam tiap Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah melalui Rukun Tetangga (RT).

Swadaya dari masyarakat sangat diperlukan, hal ini tentu akan mempermudah Pemerintah Daerah dalam menentukan arah pembangunan dan arah kebijakannya, pemberdayaan masyarakat yang akan direncakan oleh pemerintah yang ditopang oleh swadaya masyarakat akan mempercepat proses pembangunan tersebut, keberadanaan Kampung Wisata Kreatif di Kota Blitar dengan landasan pemberdayaan masyarakat menjadi semakin memperkuat progress pelaksanaan dan perwujudkan Maya Juwita.





Tuliskan Komentar