Rabu, 08 Jul 2020, 16:46:13 WIB, 88 View KKN BBM Unair62 227, Kategori : KKN-BBM 62 Universitas Airlangga

Halo warga BTN Asabri ! Kali ini kita akan sharing-sharing tentang PHBS. Tau gak kepanjangan PHBS? 

PHBS adalah kependekan dari Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. PHBS merupakan semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran, sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di masyarakat. PHBS sangat beragam, serta jumlahnya sangat banyak. Contohnya ada PHBS di lingkungan rumah tangga, PHBS di lingkungan sekolah, PHBS di lingkungan tempat kerja, dan masih banyak lagi. 

Pada era pandemi COVID-19 ini, PHBS adalah kunci pencegahan penularan. PHBS yang dapat dilakukan saat era pandemi ini sering disebut dengan Adaptasi Kebiasaan Baru. Ada beberapa kebiasaan baru yang harus kalian lakukan untuk memutus rantai penularan COVID-19. 

  1. Jika sedang Flu, dirumah aja

Sejak kebijakan mengenai work from home, di rumah aja menjadi gerakan paling ampuh untuk memutus rantai penularan. Namun, mobilitas kalian pasti terbataskan? Nah di era Adaptasi Kebiasaan Baru kalian bisa keluar rumah, tapi pastikan kalau kalian dalam keadaan sehat. Bila kalian flu, batuk atau kurang enak badan maka lebih baik ditunda dulu untuk keluar rumah. 

  1. Sedia Hand sanitizer kemana-mana

Hand sanitizer menjadi barang wajib yang harus dibawa kemana-mana. Kalau kalian mau pergi keluar rumah, jangan lupa untuk bawa hand sanitizer di tas kalian. Kalian juga bisa membawa tisu basah atau tisu kering. Jangan lupa untuk selalu rutin membersihkan tangan kalian supaya tidak tertular COVID-19.

  1. Tidak lupa pakai masker

Ini adalah peraturan utama kalau kalian mau keluar rumah. Seperti yang dianjurkan oleh pemerintah, kalian bisa memakai masker kain bila ingin keluar rumah. Masker medis hanya dianjurkan untuk kalian yang sakit dan terpaksa keluar rumah. Ingat nih, masker kain harus diganti setiap 4 jam sekali, maka sediakan masker cadangan didalam tas. 

  1. Tetap jaga jarak

Walaupun sudah “New Normal” bukan berarti kalian bisa leluasa untuk bertemu. Kalian tetap harus jaga jarak 1 – 2 meter dengan orang lain. Jaga jarak ini berguna untuk mengurangi penularan COVID-19.

  1. Sering cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir

Cuci tangan sudah menjadi protocol kesehatan yang wajib dilakukan oleh semua orang. Semua fasilitas dan tempat umum sudah menyediakan tempat cuci tangan, jadi sebelum menggunakan fasilitas umum atau masuk ke tempat-tempat yang ramai orang kalian harus cuci tangan terlebih dahulu

Berikut adalah link video dari kami tentang mencuci tangan dengan baik dan benar 

https://youtu.be/l-Z81nrWdsE

 

  1. Setiba di rumah, langsung mandi

Untuk mencegah penularan terjadi kepada anggota keluarga di rumah, kalian dianjurkan untuk langsung mandi dan mencuci baju yang digunakan pada saat keluar rumah. Hal yang terlihat sepele ini sangat berarti untuk menjaga kesehatan semua anggota keluarga yang ada di rumah. 

  1. Say hello aja, tidak bersalaman dulu

Bersalaman mungkin sudah menjadi hal wajib saat bertemu dengan teman atau keluarga. Namun, di masa pandemi ini bersalaman adalah hal yang sangat dihindari. COVID-19 dapat menular melalui tangan, maka dari itu lebih baik hanya bertegur sapa dan menghindari jabatan tangan. 

  1. Gunakan uang elektronik

Kunci dari pencegahan penularan adalah mengurangi kontak dengan hal-hal yang bisa menularkan virus. Uang dapat menjadi media menularkan virus, kalian bisa menggunakan uang elektronik untuk bertransaksi sehingga kalian bisa mengurangi kontak dengan penjual.

  1. Jaga jarak di kendaraan umum

Kendaraan umum merupakan tempat yang paling rentan karena banyak orang yang menggunakan. Jika kalian menggunakan kendaraan umum, maka pastikan untuk selalu berjaga jarak antar penupang. 

  1. Balita dan lansia di rumah aja

Balita dan lansia merupakan kelompok usia paling rentan terhadap COVID-19. Tidak dianjurkan untuk mereka keluar rumah bila tidak dalam keadaan mendesak. Sebisa mungkin tetap di rumah dan menjaga kesehatan diri.

 

Dari sepuluh adaptasi kebiasaan baru, dapat disimpulkan bahwa terdapat tiga nilai pokok yang harus selalu dilakukan yaitu menggunakan kurangi kegiatan yang ada diluar rumah, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan diri, dan kurangi kontak dengan orang lain. 

Itulah hal-hal yang wajib diperhatikan. Jangan biarkan COVID-19 menyebar di lingkungan BTN Asabri. Selalu jaga kesehatan diri dan terapkan Adaptasi Kebiasaan Baru ! Salam Sehat ! 





Tuliskan Komentar