Kamis, 06 Jan 2022, 18:11:35 WIB, 349 View Administrator, Kategori : Pariwisata

(KIM Asabri) Pengumuman pemenang lomba Kampung Kreatif Tahun 2021 dibacakan langsung oleh Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar, Drs. Tri Iman Prasetyono, MSi pada acara Pengumuman Lomba Kampung Kreatif Tahun 2021 bertempat di Rumah Makan Ayam Bakar Bu Mamik, pada Rabu (15/12/2021) yang lalu, dan Kampoeng Cyber memperoleh hasil sebagai Juara I dalam lomba terebut, hadiah lomba diserahkan secara langsung oleh Ptl. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar, dengan didampingi salah satu Tim Juri dan Kabid. Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar, dalam kesempatan tersebut Tri Iman Prasetyono berharap "bahwa lomba ini supaya pijakan dan motivasi bagi pengelola dan masyarakat di Kampung Kreatif yang ada sehingga nantinya saat pariwisata di Kota Blitar mulai bangkit, maka kampung - kampung kreatif dapat segera menentukan langkah - langkah taktis dalam upaya menopang wisata inti yang ada di Kota Blitar."

Lomba yang berlangsung mulai bulan November 2021 penyusunan proposal dan penyampaian prasyarat keikutsertaan lomba ke Dinas yang kemudian ditindaklanjuti dengan adanya kunjungan lapang oleh Tim Juri pada tanggal 09 Desember 2021 yang lalu, perlombaan diikuti oleh kampung - kampung kreatif yang ada di 21 Kelurahan di Kota Blitar, untuk Kampoeng Cyber sendiri tidak ada persiapan secara khusus akan tetapi dalam proposal tersajikan apa saja yang dilakukan dalam progrem pengelolaan Kampoeng Cyber selama satu tahun terakhir, terutama point - point dalam kondisi pandemi COVID19 dimana aktifitas pariwisata otomatis berhenti total, apalagi lokasi Kampoeng Cyber berada di tengah perumahan.

Kampoeng Cyber sebagai salah satu kampung kreatif di Kota Blitar yang mengusung konsep CBT (community based tourism) yaitu konsep pengembangan suatu destinasi wisata melalui pemberdayaan masyarakat lokal, dimana masyarakat turut andil alam perencanaan, pengelolaan dan pemberian suara berupa keputusan dalam pembangunannya. Keterlibatan seluruh warga masyarakat menjadi bagian penting dalam pengembangan Kampoeng Cyber kedepan. Semua elemen masyarakat tentu berperan aktif sesuai dengan kemampuan dan kapasitas masing - masing, sehingga potensi - potensi yang ada akan berkembang secara bersama - sama.

Untuk berkunjung ke Kampoeng Cyber harus ada komunikasi dulu dengan pengelola, karena di Kampoeng Cyber merupakan wisata edukasi minat khusus, hal yang ditawarkan saat berkunjung ke Kampoeng Cyber maka pengunjung akan belajar tentang apa, ada beberapa paket edukasi di Kampoeng Cyber yaitu :

  1. Belajar Membatik (mulai batik jumput, cap, hingga batik tulis)
  2. Belajar Memasak/Kuliner (pembuatan masakan, kue atau yang lainnya);
  3. Belajar Teknologi Informasi (pembuatan website, aplikasi, jaringan dan manajemen cctv);
  4. Belajar Sinematografi;




Tuliskan Komentar