Minggu, 11 Apr 2021, 16:14:49 WIB, 244 View Administrator, Kategori : Warta Warga

(KIM Asabri), Minggu (11/04/2021) Gempa yang terjadi pada pukul 14.00 WIB hari Sabtu (10/04/2021) diketahui dirasakan di sejumlah wilayah, mulai dari Jawa Timur, Jawa Tengah, hingga sebagian luar Pulau Jawa, Gempa tektonik berkekuatan Magnito 6,1 SR di wilayah selatan Kabupaten Malang, Dari catatan BMKG, gempa itu berkekuatan magnitudo 6,7 skala richter (SR), yang kemudian di-update menjadi berkekuatan Magnito 6,1. Pusatnya berada di 90 km Barat Daya wilayah kabupaten setempat. Pusat gempa itu berada di laut, terjadi pada koordinat 8,95 Lintang Selatan dan 112,48 Bujur Timur. Dengan kedalaman 25 kilometer dan tidak berpotensi tsunami.

Guncangan gempa yang berpusat itu Kabupaten Malang itu, diketahui juga terasa di Kabupaten Jember, dan hampir di seluruh wilayah di Jawa Timur, dan untuk Wilayah Blitar berdasarkan data yang dirilis BMKG, guncangan akibat gempa Blitar termasuk pada II - III Skala MMI (Skala Mercalli) adalah satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi. Satuan ini diciptakan oleh seorang vulkanologis dari Italia yang bernama Giuseppe Mercalli pada 1902. Skala MMI lalu dimodifikasi oleh ahli seismologi Harry Wood dan Frank Neumann pada 1931.

Menurut Suprabowo, SIP, MM Plt Lurah Gedog "untuk wilayah Kelurahan Gedog ada 1 rumah yang mengalami kerusakan berat, 2 rumah yang mengalami kerusakan yang dikategorikan sedang dan ada sekitar 14 rumah yang mengalami kerusakan ringan, juga ada 2 tempat ibadah yang mengalami kerusakan ringan, semua sudah di inventarisasi untuk kemudian dilaporkan kepada Bakesbangpol dan PBD Kota Blitar, yang juga telah dilaporkan juga pada Camat Sananwetan, " tutur beliau saat pagi tadi meninjau lokasi bencana di Wilayah Lingkungan Ngrebo.

"Masyarakat diharapkan tetap waspada dengan adanya potensi bencana yang ada apalagi gempa bumi adalah salah satu bencana yang sulit diprediksi kapan datangnya, tentu kita berharap tidak ada ada gempa susulan, namun demikian masyarakat harus tetap tenang, dengan terus lakukan koordinasi dan bersinergi antara lembaga agar setiap informasi segera bisa ditindaklanjuti oleh pihak - pihak terkait, " pesan Camat Sananwetan Heru Eko Pramono, S. STP yang dimintai keterangan via online.
 





Tuliskan Komentar