, 29 Jul 2017, 08:00:00 WIB, 2024 View Administrator, Kategori : Teknologi

Hoax sudah seringkali kita dengar dan baca, lalu apakah arti Hoax, .. Hoax adalah Pemberitaan palsu sebuah usaha untuk menipu atau mengakali pembaca/pendengarnya untuk mempercayai sesuatu, padahal sang pencipta berita palsu tersebut tahu bahwa berita tersebut adalah palsu (sumber). Hoax dibuat untuk propaganda ada tujuan tertentu yang secara masif akan mempengaruhi masyarakat. Yang jelas hanya akan menguntungkan beberapa orang atau pihak - pihak tertentu. Dengan demikian berita Hoax cenderung untuk tujuan negatif, karena pesan yang disampaikan adalah pesan kebohongan.

 

Sudah menjadi tanggungjawab bersama untuk selalu memberikan kesadaran kepada masyarkat tentang pentingnya melakukan cek dan ricek terhadap berita yang diperoleh dari sumber manapun, sehingga tidak serta merta langsung mengirim berita yang diperoleh ke orang lain, harus di cek dulu kebenaran dari beritu tersebut, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengetahui berita itu termasuk berita Hoax atau tidak, antara lain sebagai berikut :

  1. Berusaha untuk memahami dan menyadari bahwa berita yang kita terima tidak semua benar;
  2. Bijaksana dalam menerima, melihat dan membaca berita sehingga tidak mudah terpengaruh dari isi berita;
  3. Selalu mencari pembanding dari sumber berita yang lain tentang sebuah berita yang kita ketahui;
  4. Tidak terlalu mudah untuk nge-share berita yang belum kita tahu kebenarannya ke orang lain terlebih sosial media;
  5. Selalu berpikir rasional, sehingga kita bisa menyaring berita yang kita terima dengan kepala dingan dan berpikir positif.

 

Mudah - mudahan jika kita mampu menyikapi dengan hal - hal tersebut diatas pelan tapi pasti dapat menghindari berita - berita Hoax tersebut, dan kita mampu menjadi salah satu bagian dari orang - orang yang memiliki kepedulian terhadap berita - berita Hoax, semoga bermanfaat oke

Sumber Gambar : klik disini





Tuliskan Komentar