Selasa, 08 Okt 2019, 20:49:27 WIB, 617 View Administrator, Kategori : Warta Warga

(KIM Asabri), Selasa (08/10/2019) Tim Arkeolog dari Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur yang melaksanakan ekskavasi Candi Gedog Kota Blitar, pada hari ini tadi telah menampakkan hasil dengan ditemukannya anak tangga candi yang berada di area persawahan tepatnya sebelah barat daya dari yoni berada, dan juga struktur bangunan tepi Candi yang berada disebelah selatan Candi berada tepatnya di area parit dengan bangunan bata tertata memanjang.

Nugroho Harjo Lukita, S.S, Ketua Tim Arkeolog menyampaikan bahwa "sementara hasil temuan ini menjadi tambahan data untuk kemudian dikembangkan dengan menentukan titik - titik lokasi lainya yang akhirnya bisa menjadi gambaran dari sebuah bangunan candi, mungkin akan digali pada sisi barat memanjang ke utara, karena candi umumnya berbentuk segi empat atau bujur sangkar, sehingga nantinya akan bisa diketahui bentuk candi yang ada disini seperti apa."

"Bangunan candi sendiri ada yang tunggal, ada juga yang memiliki perwara (bangunan kecil pelengkap percandian). Kami duga disini adalah kompleks percandian. Ada tiga Kepala Kala yang juga telah ditemukan. Dan Kepala Kala ini berada di atas ambang pintu, akan ditemukan banyak ditemukan benda yang nantinya bisa memperkuat data - data yang telah ada terkait Arkeolog Candi Gedog.

 





Tuliskan Komentar