Sabtu, 04 Agu 2018, 12:29:59 WIB, 1073 View Administrator, Kategori : Info Penting

(KIM Asabri) Hari Sabtu (04/08/2018) ada pemberitahuan dari PLN bahwa akan ada pemadaman listrik bergilir untuk beberapa wilayah, karena dipergunakan untuk memenuhi pasokan listrik pada wilayah lain, sebenarnya pemadaman listrik pada wilayah - wilayah tertentu sering terjadi, baik itu karena ada maintenance jaringan maupun adanya kerusakan alat yang sering adalah trafo yang memang sudah berumur.

Namun ada sebab lain yang sebenarnya bisa di atasi dan dikondisikan sehingga hal ini tidak akan menambah beban PLN dalam pengelolaan jaringan listrik dan yang paling penting adalah keselamatan kita yang dapat terjaga dengan baik. Musim kemarau dimana angin yang cukup kencang menjadikan kita terbuai untuk bisa bermain layang - layang, yang memang sangat mengasyikkan dan menjadikan salah satu permainan yang menyenangkan.

Bermain layang - layang tidak ada larangan, namun bermain layang - layang yang aman harus tetap menjadi prioritas utama demi keselamatan kita dan orang banyak. Kondisi saat ini untuk wilayah Blitar saja dalam satu bulan bisa lebih dari 9 kali ada pemadaman listrik yang disebabkan oleh layang - layang yang tersangkut di jaringan listrik.

Sebenarnya sudah sering kali dari pihak Perusahaan Listrik Negara menyampaikan informasi terkait hal ini kepada masyarakat, akan tetapi ternyata masih banyak juga yang bermain layang - layang tidak memperhatikan faktor keselamatan bagi mereka sendiri, dan ketika ada pemadaman listrik untuk membersihkan layang - layang yang tersangkut di tiang listrik maka PLN tentu akan menerima banyak komplain dan keluhan warga masyarakat.

Untuk itu mari bersama - sama kita saling mengingatkan dan menyampaikan ke warga masyarakat untuk lebih berhati - hati dan memperhatikan keselataman dalam bermain layang - layang,bermain layang - layang tidak di larang akan tetapi keselamtan menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat bermain layang - layang adalah :

  1. Perhatikan arah angin;
  2. Menjauhlah dari Jaringan Listrik;
  3. Bermain layang - layang di tanah lapang;
  4. Bermain layang - layang saat suasana terang.

Beberapa wilayah di Blitar yang menjadi Zona Merah Pemadaman Listrik karena layang - layang antara lain :

  1. Gaprang Kecamatan Kanigoro;
  2. Penataran Kecamatan Nglegok
  3. Bendogerit Kecamatan Sananwetan
  4. Ciliwung Kecamatan Kepanjenkidul
  5. Karangrejo Kecamatan Garum.

Berdasarkan pada hal tersebut Rifky Muslim Kepala Rayon PLN Blitar, "menghimbau kepada masyarakat untuk menjauh dari aliran jaringan listrik saat bermain layang - layang, tetap utamakan keselamatan diri sendiri dan masyarakat banyak, karena dengan seringkali listrik padam tersebut, tentu akan sangat merugikan banyak orang".





Tuliskan Komentar