Jumat, 15 Mei 2020, 14:07:05 WIB, 232 View Administrator, Kategori : Info Penting

(KIM Asabri) Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) menjadi salah satu garda terdepan dalam upaya menangkal berita Hoax yang beredar di masyarakat, apalagi dimasa pandemi ini sudah banyak sekali informasi - informasi yang tidak tepat beredar di masyarakat, hal tentunya akan menambah kepanikan dan keresahan dimasyarakat, rasa ingin tahu dan ingin menjadi yang terdepan saat menyampaikan berita terkadang menjadi hal yang memicu cepat beredarnya berita - berita HOAX.

Selama COVID19 mewawah sudah ada sekitar 700-an berita HOAX yang telah tersaring oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika, dan setiap hari berita - berita hoax tersebut ada, hampir seperti mewabahnya virus itu sendiri, dan isu hoax bisa menjadi pemicu bagi masyarakat untuk berfikir dan bereaksi lebih dengan adanya berita - berita bohong tersebut, tentu dampak dari berita hoax bermacam - macam, sebagai penebar ketakutan, kekhawatiran, perasaan tertekan dan sebagainya.

Begitu masif nya serangan berita hoax ini tentu menjadi tanggungjawab bersama untuk bisa mengendalikan informasi - informasi yang kita peroleh, hal - hal bisa dilakukan dalam upaya menjaga kenyaman masyarakat terkait maraknya hoax virus tersebut antara lain :

Pertama ialah bijak dalam memanfaatkan internet. Gunakanlah internet secukupnya saja. Melihat begaimana media sosial saat ini menjadi ladang subur tumbuhnya hoax, maka untuk mencegah peluang besar kita terpengaruh sebaiknya membatasinya dengan kegiatan yang lebih positif, seperti membaca buku dan sebagainya.

Kedua adalah membudayakan membaca yang baik dan benar. Agar mendapatkan inti sari dari sebuah berita, kita dituntut teliti memahami keseluruhan teks tersebut. Maka jangan membaca hanya sepenggal tetapi secara utuh mulai dari judul sampai kalimat akhir. Supaya tidak mudah terpedaya oleh judul-judul berita yang isinya bisa jadi merupakan profokasi.

Ketiga ialah jangan menyebarluaskan konten hoax. Jangan mudah tergoda untuk membagikan tautan. Saat ini ada pemerintah telah mengeluarkan UU ITE pasal 28 ayat 1 yang bisa menjerat siapa saja yang ikut menyebar luaskan konten hoax.

Jadi bukan hanya pelaku pembuat tetapi dapat menjerat pelaku penyebar hoax. Saat berita tersebut terlihat mencurigakan, tidak jelas, tidak logis dan tidak dapat dipertanggungjawabkan maka segera laporkan kepada pihak yang berwajib. Dengan begitu, kemungkinan orang-orang di sekitar kita untuk terpapar hoax akan lebih kecil.

Tetap semangat SARING SEBELUM SHARING

Berita - berita Hoax dapat di download dengan klik link disini





Tuliskan Komentar