Selasa, 08 Okt 2019, 20:03:44 WIB, 173 View Administrator, Kategori : Info Penting

(KIM Asabri) Senin, (07/10/2019) Team Balai Pelestarian Cagar Budaya BPCB Jawa Timur, mulai melaksanakan Eksvakasi Candi Gedog, sebagai tahap awal Eksvakasi akan dilaksanakan Senin 07/10/2019 sampai dengan 11/10/2019 dengan Team BPCB sebanyak 4 orang personil yang dipimpin oleh Nugroho Harjo Lukito, S. S. Selama melaksanakan kegiatan eksvakasi ini nanti team akan didampingi dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar dengan pengamanan dari Polsek dan Koramil Sananwetan.

"Mohon do' a restunya, semoga proses eksvakasi penyelamatan Candi Gedog berjalan lancar dengan harapan akan ada temuan - temuan baru tentang Candi Gedog nantinya, sehingga peninggalan warisan leluhur ini dapat terselamatkan, akan tercatat dalam lembaran sejarah yang tentunya dapat menjadi salah destinasi wisata baru di Kelurahan Gedog Kecamatan Sananwetan khususnya dan Kota Blitar pada umumnya," tutur Camat Sananwetan, Heru Eko Pramono saat diwawancari terkait rencana pelaksanaan eksvakasi Candi Gedog.

Masyarakat juga menyambut antusias rencana pelaksanaan eksvakasi ini, dengan harapan akan ada pengungkapan fakta sejarah tentang Candi Gedog. Penemuan Kalamakara dan juga potongan - potongan batu, batu - bata yang tersusun rapi serta relief candi, dan ada benda lain beberapa waktu yang lalu menjadikan masyarakat terus memantau perkemabangan informasi terkait hasil penelitian dari temuan - temuan tersebut dan tentunya juga ingin mengetahui lebih jauh tentang keberadaan Candi Gedog. Dengan dilaksanakan eksvakasi terhadap Candi Gedog ini tentu akan semakin jelas bagaimanan bentuk dan sejarah Candi ini sebenarnya.





Tuliskan Komentar