Minggu, 01 Sep 2019, 16:13:24 WIB, 373 View Administrator, Kategori : Warta Warga

(KIM Asabri) Minggu, (1/09/2019) Ditemukan Kepala Kala dan Batu Bata Merah di area sawah yang dikelola oleh Bapak Thoiran, persawahan milik Hotel Herlingga ini berada di selatan Situs Joko Pangon atau Candi Gedog, di Candi Gedog sendiri selama ini tinggal Yoni dan dua Kepala Kala yang berada di Area Situs Candi Gedog di Jalan Cokrodipo Kelurahan Gedog Kecamatan Sananwetan. Warga masyarakat melihat Kepala Kala di pematang sawah yang kemudian ditelusuri ada tumpukan batu bata merah di sebelah selatan dari penemuan Kepala Kala tersebut.

Ukuran Kepala Kala kurang lebih sama dengan ukuran kepala kala yang berada di depan pintu masuk Candi Gedog, menurut catatan dari buku History of Java di Candi Gedog ada 4 Kepala Kala, jika tadinya ada dua dan sekarang ditemukan satu maka tinggal satu lagi Kepala Kala yang ada di Candi Gedog dan ini belum ditemukan. Warga masyarakat langsung menghubungi pihak terkait dan saat ini lokasi sudah diberi garis polisi untuk mengantisipasi agar Cagar Budaya ini dapat terjaga dengan baik. Sementara Camat Sananwetan Heru Eko Pramono saat di temui rekan KIM Asabri di lokasi menyampaikan bahwa "akan segera menindaklanjuti temuan ini dengan melaporkan ke Walikota Blitar yang kemudian akan dilanjutkan ke Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3)".

Juga ditemukan sebuah Koin dengan angka tahun 1856 satu sisi bertuliskan huruf jawa dan satu sisi bersimbol Belanda dengan tulisan Nederlandsce Indie. Sebenarnya keberadaan Candi Gedog oleh sebagian masyarakat diyakini ada, beberapa waktu yang lalu pernah dilakukan Bedah Buku tentang Candi Gedog ini di Kampoeng Cyber ,  Buku dengan Judul Candi Gedog Sejarah Yang Terlupakan Legenda Yang Dikhultuskan dapat di download di http://cyberblitar.com





Tuliskan Komentar